Jumat, 31 Oktober 2008

Genitnya Pacarku


Bentar lagi kita akan merayakan Hari Raya Qurban. Pada moment peringatan hari Sumpah Pemuda ini, saya ingin mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri. Pasti dech, anda akan berteriak, “Joko, sudah berapa lama kamu sinting….?,”.
Terserah sampeyan aja, mo ngomong apa. Begitulah keadaannya, jadi ya harus ikhlas. Kayak gimana to ikhlas itu?. Kalo sekedar teori sih, gampang. Mungkin, perumpaan paling sederhana kata ikhlas tu, kayak orang yang lagi (Maaf) be’ol gitu kale ya?.
Brujul….brujul…. precet…precet…. plung-plang-plong-pleng. Abis urusan, kayak gitu kale…?. Nah, ngomon-omon soal Ikhlas ne, kalo dihubungkan dengan tindakan dan perilaku sehari-hari, kayak apa modelnya tu barang.
Kalao gak salah juga, di masyarakat kita, ada ungkapan ato apa namanya tu. Kalo memberi pake tangan kanan, jangan sampe ketahuan ma tangan kiri. Walah, uopooooo ki…!!.
Kalo mo dibungkus pake nilai agama. Binatang yang namanya ikhlas tu, di contohkan ma Khalifah sapa tu?, mohon maaf kalo salah, Umar bin Khatab kale. Malam yang gelap, ia pikul sendiri beras, lalu ia bagikan ke rakyatnya. Kebetulan sorenya ia liat, ada ibu lagi ngrebus batu, nipu anaknya, yang kelaparan.
Kurang lebih, kayak gitu lah critanya.
Wah, kayaknya cuman crita indah di alam mimpi aja kisah sang khalifah itu. Tapi kalo mau dilihat dari kacamata, Politik misalnya. Soalnya kalo politik, yang namanya ngasih ya harus dilihat orang banyak. Kalo lagi gak ada orang, ya teriak-teriak sampe putus urat malunya, “Woi saya mau ngasih sama korban banjir,”.
Ato gini teriakannya, “Sodara-sodara sekalian, yang disana, di sono dan di mana-mana saksikanlah, saya ini orang dermawan, orang baik dan orang beriman, saya mau mbantu korban banjir, saya mau kasih dia SuperMie, Aqua, selimut, supaya di Pemilu nanti mereka pilih saya. kalo banyak yang milih saya. saya akan dibilang orang hebat dan baik. Soalnya, bisa saya jual ke calon presiden, calon gubernur, calon bupati, calon walikota, calon camat, calon lurah……………..,”. “Ikhlas….., makanya yang jauh mendekat, yang dekat rapetin,”.
“Lho, om.. percuma teriak-teriak, gak ada manusia di situ,”.

“Iyokah?, kalo gitu, begini aja, sampeyan wartawan to?. Tulis dong, aku mau nyumbang neh, tulis yang baek-baek ya, tar tak kasih pembeli bensin dan pulsa. Lumayan to, gaji wartawan kan kecilllllll. Gak usah munafik dech, butuh duit to?,”.

“Inget tu susu anakmu di rumah dah mau abis. Istrimu mau beli tempe dan kangkung, buat makan kamu sekeluarga,”.

“Eh wartawan, tar kamu tak masukin jadi Caleg, biar nomor urat ke 50, lumayan to, poko’e seeeppp…..,”.

Terakhir, Dirgahayu RI ke 68….??????

Tidak ada komentar:

Posting Komentar